Jumat, 20 Agustus 2010

Lakukan Kewajiban dengan baik adalah Dharma

Lakukankah tugas kewajibanmu yang telah ditetapkan, sebab melakukan hal demikian lebih baik  dari pada tidak bekerja. Seseorang bahkan tidak  dapat memelihara badan jasmaninya tanpa bekerja. (Bhagavad-gita, Sloka 3.8)

Penjelasan :

Ada banyak juru semadi yang menyamar sebagai orang keturunan bangsawan, dan banyak orang profesional yang hebat menyamar secara palsu seolah mereka sudah mengorbankan segala sesuatu demi kemajuan dalam kehidupan rohani.



Hendaknya pekerjaan jangan ditinggalkan secara bertingkah saja, tanpa penyucian  kecendrunga-kecendrungan duniawi. Siapapun yang berada di dunia material  tentu saja memiliki kecendrungan  yang tidak suci untuk berkuasa di atas alam material, atau dengan kata lain  untuk kepuasan indria-indria.  Kecendrungan yang kotor demikian harus dihilangkan. Tanpa berbuat demikian, melalui tugas-tugas yang ditetapkan, hendaknya seseorang tidak berusaha menjadi apa yang namanya saja rohaniawan, meninggalkan ikatan terhadap pekerjaan dan hidup dibiayai orang lain.

Sumber : Bhagavadgita, Menurut Aslinya  (Sri Srimad A.C Bhaktivedanta Swami Prabhupada)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran Berdiferensiasi

  Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu m...